Home » » Manfaat Kesehatan Bagi Kecerdasan Berfikir

Manfaat Kesehatan Bagi Kecerdasan Berfikir

Written By Unknown on Friday 14 June 2013 | 20:38



Kesehatan memilliki berbagai cabang bentuk pencapaiannya, diantaranya adalah dengan istirahat yang teratur dan berporsi dalam bangunn dan bangkit dari tidur. Jika kita bangun pagi, dengan segera kesegaran dan kebugaran badan akan menyelimuti diri kita, dan begitu pula menjernihkan hati dan pikiran kita. Pada waktu itulah kemampuan otak kita dengan mudah untuk menghafal dan mengulang suatu hafalan yang sudah kita punya. Beberapa tahun yang lalu suasana seperti ini aku rasakan ketika masih berada dilingkungan pondok dan terbiasa untuk bangun pagi, menyegerakan sholat Shubuh disambung dengan hafalan ayat-ayat Al-Qur’an nan mulia, membuat pikiran ini segar menjernihkan hati, dan hafalan ini mudah sekali untuk diserap dikepala.
Kesehatan sangat berpengaruh terhadap fungsi
kerja otak dalam bekerja, baik dalam menghafal, berpikir, mengulang, dan mengerjakan segala macam sesuatu. Karena pabila kesehatan memburuk, kondisi otak kita secara fisik ikut memburuk, dikrenakan otak adalah pusat dukungan kerja system seluruh tubuh. Dalam menjaga kesehatan dapat kita lakukan dari aktifitas kebiasaan kita sehari-hari dari kebiasaan bangun tidur dipagi hari, porsi tidur yang cukup pada tubuh, menu asupan makanan 4 sehat 5 sempurna secara teratur, membiasakan diri kita dengan berolahraga, kebersihan badan, gigi, dan lingkungan sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan dan berperan penting dalam mencegah penyakit, baik fisik maupun psikologis.
Manfaat yang dapat diambil dari hidup sehat sangat banyak, dari manfaat kesehatan bagi tubuh kita, lingkungan, emosional, psikologis, dan juga mental dan pikiran. Dalam kehidupan berfikir, tubuh memerlukan kinerja kerja otak. Dengan mengasumsi makanan yang sehat terlebih sempurna, mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka asupan nutrisi ke otak tercukupi, akibatnya kemampuan daya ingat kita meningkat, juga mempercepat daya berfikir kita. Beberapa makanan dapat membantu daya konsentrasi pada otak agar tetap focus, membantu daya konsentrasi dan kinerja pada otak. Pabila tubuh sehat dan bugar, maka tubuh kita memiliki nutrisi yang penuh untuk diserap ke otak, dan juga dapat meningkatkan peran fungsi otak. Adapun dengan kegiatan tidur siang, merupakan salah satu bentuk pengistirahatan tubuhyang mempunya peran terbesar dalam menciptakan kekuatan otak yang hebat, ingatan yang baik, dan IQ yang lebih tinggi. Memperkejakan otot seperti berolahraga, ia dapat membat koneksi, yakni dengan mengerjakan berbagai tugas, mengabaikan gangguan kesehatan, meningkatkan kerja mental hingga 25%, disamping itu tidak hanya meningkatkan pertumbuhan sel dalam otak, namun juga mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak untuk lebih cerdas. Kontribusi terhadap kecerdasan otak manusia, memiliki manfaat dorongan dalam BDNF (Brain Derived Neurotropic Factor), dengan mempokan darah dalam tubuh meningkatkan aliran gen BDNF. Yakni protein otak yang penting untuk membantu ketajaman mental, belajar, dan memori. Dan bangun tidur pada pagi hari dapat meningkatkan daya hafal kita, dan mengasah daya berfikir positif kita. Karena pada pagi hari pikiran kita masih fresh, didukung suasana pagi yang tenang dengan udara segar sehingga mendukung untuk belajar. Selain itu, hormon kortison yang berfungsi meningkatkan semangat mencapai puncak pada pagi hari dan mencapai titik terendah pada sore hari. Belajar pada pagi hari lebih efektif daripada saat siang atau malam ketika tubuh sudah lelah. Oleh karena itu belajar dan menghafal pada pagi hari sangant bermanfaat bagi daya ingat dan penjagaan hafalan kita.
Dengan hidup sehat yang teroganisir, segala hal yang bersifat positif bagi diri kita dan tubuh kita secara bertahap akan menghampiri sedikit demi sedikit tanpa kita memintanya. Karena menjaga kesehatan adalah kegiatan alamiyah yang teratur dan berdasari dari kerjasama tubuh agar saling melengkapi dan memberi manfaat satu sama lain. Oleh karena itu agama dan pendapat teori-teori mengajarkan kita agar menjaga kesehatan tubuh, diantara lainnya agar terhindar dari penyakit, member kekuatan energy kita dalam bekerja, maupun dalam berpikir menyelesaikan sesuatu perkara. Otak merupakan pusat fungsi utama yang mengatur seluuh aktivitas tubuh dan mesti diimbangi dengan kesehatannya dengan kesehatan diri kita dari berbagai aktivitas dan upaya yang kita lakukan untuk menjaga dan membiasakan hidup sehat dalam hidup kita
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. aisyah sholihah - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template